img

HEWAN QURBAN HARUS MEMENUHI 3 SYARAT INI

Idul Adha tahun 2020 akan tiba sebentar lagi. Pastinya pihak pengurus masjid, RT, dan sekelompok masyarakat sudah ancang-ancang untuk memilih hewan qurban. Hewan qurban yang dipilih oleh masyarakat Indonesia sendiri biasanya adalah domba, sapi dan kambing. Hal ini karena memang kedua hewan tersebut mudah untuk di ternak. Kita juga harus tahu, bahwa ibadah kurban sendiri merupakan ibadah yang dianjurkan. Para ulama sepakat bahwa hukum berkurban adalah sunnah muakkad (sunnah yang dikuatkan/dianjurkan). Khususnya bagi umat Islam yang sudah berkecukupan dan mampu.

3 Syarat Hewan Qurban Sapi Dan Kambing Yang Baik

Menjelang hari raya Idul Adha seperti ini pastinya sering muncul pertanyaan bagaimana cara memilih hewan qurban yang benar? Ketika memilih hewan untuk qurban, bukan hanya soal kesehatan dari hewan itu sendiri. Atau juga masalah gemuk atau tidaknya hewan itu. Tetapi anda juga harus memperhatikan usia hewan qurban itu sendiri. Sebab usia hewan qurban menjadi salah satu syarat hewan tersebut boleh atau tidak untuk diqurbankan.

Untuk domba atau kambing bisa mewakili satu orang yang berkurban. Sedangkan seekor sapi atau unta bisa mewakili tujuh orang yang berkurban. Dalam memilih hewan kurban tentunya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Apa saja? Simak dibawah ini.

  • Memilih hewan yang sehat dan gemuk

Saat memilih dan membeli hewan qurban, pastikan untuk memilih yang benar-benar dalam keadaan sehat. Pastikan mata hewan yang dipilih cerah dan tidak berair. Tidak hanya pada bagian mata saja yang harus diperhatikan dengan baik. Tetapi pada bagian hidung pun juga harus dicek terlebih dahulu sebelum benar-benar dibeli. Hidung hewan ternak yang baik dan sehat tidak akan terlihat basah atau pun berair. Pastikan juga bulu hewan kurban tersebut dalam kedaan bersih dan tidak kusam. Hewan kurban yang akan dibeli juga tidak kurus.

Jika hewan kurban yang mempunyai nafsu makan baik serta gerakan lincah layak untuk dipilih. Karena sudah bisa dipastikan bahwa hewan qurban tersebut dalam kondisi yang baik. Tidak lupa kita juga perlu memperhatikan seperti apa kotoran hewan tersebut. Pastikan bahwa kondisi kotoran normal dan tidak mencret.

  • Memastikan hewan bebas cacat

Hewan Qurban juga harus dipastikan bebas cacat. Untuk itulah kita harus bisa memastikan empat hal. Yakni hewan tidak buta atau bermata sebelah, tidak terlalu kurus, kaki tidak pincang, dan tidak memiliki penyakit yang parah. Jadi jika anda menemukan 4 hal tersebut dalam hewan kurban yang akan dibeli. Maka segera saja urungkan untuk memilihnya, sebab tidak akan sah. Pastikan bahwa hewan tidak memiliki cacat. Lihat bagian testis masih utuh sepasang, daun telinga utuh, tanduk tidak patah, kaki tidak pincang dan mata tidak buta.

  • Hewan qurban cukup umur

Selain kondisi fisik, tentunya kita juga harus memastikan kepada para pedagang bahwa hwan qurban sudah cukup umur. Untuk sapi dan kerbau minimal 2 tahun usianya dan telah masuk tahun ketiga. Sedangkan untuk domba diatas satu tahun atau sudah berusia minimal 6 bulan apabila kesulitan menemukan yang berusia satu tahun. Calon pembeli juga bisa memastikan hewan qurban sudah cukup umur dengan melihat kondisi fisiknya. Yakni seperti sudah tumbuh sepasang gigi tetap di rahang hewan qurban.

Hewan Qurban Idul Adha 2020

Demikianlah beberapa syarat dari hewan untuk qurban yang baik dan benar. Semoga dapat membantu anda mendapatkan hewan qurban yang terbaik.